16 Juni 2008

Kegiatan Mahasiswa

Idza'ah
Merupakan kegiatan ceramah yang dilakukan siswa ketika waktu istirahat. Diperdengarkan ke seluruh kelas secara Live! via laboratorium Al-Imarat yang modern. Tiap kelas secara bergiliran diwajibkan melakukannya, apakah kelas pemula maupun kelas mahir. Hal ini merupakan awal pelatihan dakwah secara tabligh dalam bahasa Arab.

Kultum ba'da sholat fardhu
Awal pelatihan kepercaayaan diri untuk berdakwah secara tabligh mulai dari sini. Tidak hanya penggunaan bahasa Arab yang dilatih disini, tapi ketrampilan menyampaikan, berbicara di depan umum. Bukankah banyak dari kita yang sudah mahir bahasa Indonesia tapi belum mampu berpidato?

Dars Idhofiyah
Kegiatan pelajaran tambahan yang dibawakan oleh para dosen, diluar jam belajar. Materi yang dibawakan adalah tema-tema penting untuk kita sebagai muslim maupun persiapan sebagai dai.

Klub Bahasa Arab
Kegiatan di luar Ma'had yang bekerja sama dengan LTMI (BEM Mahasiswa) Al-Imarat, mengadakan berbagai bentuk kegiatan pada hari Sabtu/ Minggu/ tentatif yang bertujuan untuk menyebarkan 'wabah' penggunaan bahasa Arab. Bentuk kegiatan dapat berupa training, games, kunjungan, outbound, dsb.

Kegiatan khas Mahasiswa penghuni Asrama
Ada keuntungan tersendiri bagi penghuni Asrama Mahasiswa Al-Imarat, pelajaran dengan pengajaran khusus, kurikulum khusus, juga lingkungan khusus, setiap pagi dan petang hari. Tidak salah jika yang layak menjadi penghuni adalah orang-orang terpilih.

Jaulah Ramadlaniyyah
Kegiatan ini dilaksanakan mulai tiap bulan Ramadhan. Diwajibkan bagi peserta Jaulah untuk menetap di tempat yang akan menjadi daerah dakwahnya selama Jaulah berlangsung. Diprioritaskan untuk tinggal di mesjid, agar dapat berdakwah secara maksimal.

Adapun bentuk kegiatan dakwah tersebut antara lain:
1. Ceramah Tarawih
2. Kuliah subuh
3. Ta’lim Qira’atul Qur’an dan Tajwid
4. Bakti Sosial bersama masyarakat setempat
5. Ifthar Shaim
6. Khotbah Jumah
7. Pemutaran film-film islami

Dan lain-lain
Lomba ceramah, pelatihan kaligrafi, kunjungan syeikh-syeikh dari luar, majalah dinding, sampai bertanding olahraga dengan para ustadz juga ada, perkuat ukhwah demi kemajuan! :-)

Tidak ada komentar: