16 Juni 2008

Program Idad Lughawi

Terdapat tiga program studi perkuliahan intensif Ma'had Al-Imarat yaitu I'dad, Takmili, dan Tahfizh. Selain perkuliahan Intensif juga tersedia Kelas Non Intensif.

Masa pendidikan menurut kurikulum Ma'had Al-Imarat putra / putri Bandung, terdiri atas dua tahun untuk I'dad Lughawi (plus 1 semester kelas persiapan bagi yang memerlukan), dan setahun untuk Takmili (tingkat lanjutan).

Jenjang pendidikan untuk tingkat I'dad Lughawi terdiri dari Level/ Kelas Persiapan (tamhidi) bagi yang memerlukan atau belum pernah belajar bahasa Arab, Level I (al mustawa al awwal), Level II (al mustawa al tsaany), Level III (al mustawa al tsaalits) dan Level IV (al mustawa al roobi'). Tiap level dapat ditempuh dalam satu semester. Pada proses penerimaan mahasiswa baru, diadakan seleksi penempatan (placement test) untuk menetapkan pada level manakah sang kandidat mahasiswa baru cocok memulai pendidikannya, apakah pada level persiapan, level I, level II, atau level III.

Program Terdiri dari Keterangan
Idad Lughawi Kelas Persiapan 1 Semester/ Bagi yang memerlukan

Level I 1 Semester/ Bagi yang memerlukan

Level II 1 Semester/ Bagi yang memerlukan

Level III 1 semester

Level IV 1 semester



Takmili Takmili I 1 semester

Takmili II 1 semester

Setelah menyelesaikan program I'dad Lughowi, mahasiswa yang memiliki prestasi yang sangat baik (jayyid jiddan) dapat melanjutkan ke Tingkat Takmili (tingkat lanjutan). Sedangkan bagi mahasiswa yang memperoleh predikat Imtiyaz (sangat memuaskan) dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat takmili LIPIA Jakarta.

Materi kuliah (al mawaad al dirosiyyah) yang diajarkan di Ma'had Al Imarat adalah : Tafsir, Hadits, Fikih, Ushul Fikih, Adab, Balaghah dan Naqd, Tasrif, Nahwu, Qiro'ah, Ta'bir Tahriry, Al Quran, Ta'bir Syafawy, Imla, Tauhid, Tarikh Islam, dan Tsaqofah Al-Islamiyah, Dan kitab pegangan yang dipergunakan adalah buku-buku yang diterbitkan oleh Universitas Al Imam Muhammad Ibnu Su'ud Al Islamiyyah di Riyadh serta beberapa buku yang diterbitkan oleh LIPIA Jakarta. Materi-materi perkuliahan tersebut disampaikan melalui berbagai macam metode pengajaran antara lain, ceramah, diskusi, tanya-jawab, audio visual, dll. dengan pengantar bahasa Arab.

MATERI JAM KULIAH PER-PEKAN
(INTENSIF 5 HARI)
Level
Persiapan*
Level
1
Level
2
Level
3
Level
4
I. STUDI ISLAM




1. Al-Quran 2 1 2 2 2
2. Tafsir - 1 1 1 1
3. Hadits 2 - 2 2 2
4. Tauhid - - - 1 1
5. Fiqh - - - 1 1
6. Ushul Fiqh - - - - 1
7. Tarikh Islam - - - 1 1
8. Kebudayaan Islam - - - 1 1
II. BAHASA ARAB




1. Qira'ah - 6 6 3 2
2. Kitabah 1 1 1 1 1
3. Ta'bir Syafawi - 4 4 3 3
4. Ta'bir Tahriri - 2 2 4 3
5. Hiwar 7 - - - -
6. Ashwat 2 3 - - -
7. Tadribat 10 6 6 - -
8. Nahwu& Sharaf - - - 4 -
9. Adab Araby - - - 1 3
10. B a l a g h a h - - - - 1
11. K h a t 1 1 1 - -
Jumlah Jam 25 25 25 25 25
Jumlah Materi 7 9 9 13 15
* Kelas Persiapan ditempuh selama 1 semester
(bagi peserta yang belum pernah belajar bahasa Arab)

Waktu belajar efektif lima hari perpekan, lima jam perhari. Waktu perkuliahan dibagi dalam 2 (dua) shift yaitu shift pagi dan sore. Shift pagi dimulai pukul 07.30 s/d 12.25 WIB dan shift sore dimulai pukul 14.00 s/d 20.00 WIB.

Tidak ada komentar: